Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

6 Tips Membangun Bisnis StartUp Hingga Sukses


Oleh Tim AndrieWongso

Memulai sebuah bisnis, pastinya banyak tantangan yang siap menyambut Anda. Jika kurang bijak dalam mengambil langkah, bisa jadi bisnis startup tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu sebelum memulai Anda harus pastikan langkah apa yang harus diambil agar bisnis bisa bertahan dan berkembang.

Ada begitu banyak entrepreneur yang suksesnya berawal dari bisnis startup. Apa rahasia kesuksesan mereka? Berikut ini adalah beberapa tips dari entrepreneur yang berhasil membangun dan mengembangkan bisnis startup mereka hingga sukses.

1. Tentukan Visi: Hal pertama yang harus diperhatikan bagi sebuah bisnis startup adalah visi yang kuat, agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang, dan secara otomatis memacu motivasi dan kinerja perusahaan. Ketika Anda memulai usaha jangan takut untuk memiliki visi yang besar. Hal ini secara otomatis akan memacu semangat dan kinerja dari perusahaan Anda.

Steve Ells CEO dari Chipotle (jaringan restoran Meksiko di Amerika Serikat) mengatakan bahwa dia punya visi yang sangat kuat tentang bagaimana penampilan dan rasa dari Chipotle. Dia terinspirasi dengan model ekonomis Chipotle saat sedang makan di sebuah taqueria kecil. Steve Ells menggunakan apa yang dipelajarinya di sekolah kuliner sambil bekerja di restorannya untuk “benar-benar meningkatkan fast food”.

2. Bekerja dengan Orang yang Tepat: Perasaan dan insting yang didapat saat mengenal dan menilai lawan bicara merupakan hal yang paling penting dalam memilih partner kerja. Kecocokan dan kesamaan tujuan merupakan salah satu hal penting yang dipertimbangkan, sehingga sebuah perusahaan bisa berkembang secara cepat.

Alm. Steve Jobs dari Apple pernah menceritakan bahwa dalam merekrut orang untuk bekerja dengannya, baik usia tua maupun muda, dan pastinya mereka adalah orang-orang yang sangat cerdas. Akan tetapi yang paling penting untuk Steve adalah, apa mereka akan jatuh cinta dengan produk Apple? Karena jika mereka jatuh cinta, segala sesuatu akan berjalan lancar dengan sendirinya. Mereka semua akan menginginkan yang terbaik untuk Apple bukan untuk diri mereka, atasan mereka, atau orang lainnya.

3. Hindari Kejenuhan Pasar: Setiap produk dan layanan sendiri memang memiliki batas atau limitasi tertentu dalam masa kejenuhan pasar. Maka jika hal ini terjadi biasanya perusahaan akan susah dalam mencari konsumen. Untuk itulah, inovasi dan pembaruan harus dilakukan selalu rutin dilakukan agar pasar yang disasar tidak cepat mengalami kejenuhan.

Elon Musk CEO dari Tesla, Solar City & Space X menyarankan, jika ingin sukses, maka Anda harus bisa menerima kritik atau feedback dari begitu banyak orang, untuk setiap ide Anda. Banyaknya feedback yang bisa Anda terima bisa menjadi jalan keluar dari kejenuhan pasar. Anda tidak harus selalu setuju dengan setiap masukan, tapi beberapa saran bisa menjadi sebuah keputusan tepat jika Anda mampu mengolahnya.

4. Tingkatkan Daya Pelayanan: Ketika perusahaan Anda sedang bertumbuh dengan banyak banyak konsumen atau pelanggan tentu akan menuntut Anda untuk bisa memberikan pelayanan lebih baik. Untuk bisa melayani pelanggan dengan baik Anda harus mampu menciptakan sistem yang mumpuni. Salah satu sistem pelayanan yang bisa Anda coba adalah meningkatkan integrasi teknologi guna membentuk service terbaik buat pelanggan.

Jerry Murrell CEO dari Five Guys (jaringanrestoran cepat saji khusus burger dan hotdog di Amerika Serikat) mengatakan bahwa salesman terbaik bagi usaha Anda adalah para konsumen. Jika Anda memperlakukan dan melayani konsumen dengan baik, mereka akan membantu Anda menjual produk melalui mulut ke mulut.

5. Keterampilan dalam penggalangan dana: Sebuah startup yang sukses adalah mereka yang memiliki modal cukup untuk menjalankan operasi bisnis mereka. Tugas utama dari pemimpin startup adalah untuk dapat meningkatkan modal yang dibutuhkan. Cara yang baik untuk mengumpulkan uang salah satunya melalui online, yakni melalui ekuitas atau melalui sebuah investasi khusus startup.

Menurut CEO Vincent Mifsud dari ScribbleLive berpendapat dalam menjalankan bisnis terutama pada awal permulaan, Anda harus fokus dan ekstra hati-hati dalam mengolah modal dan memilih investasi yang tepat untuk membantu pemasaran produk dan perkembangan bisnis. Pastikan Anda memilih cara yang tepat untuk lebih mementingkan isi pesan ketika memutuskan untuk memasang iklan dan menggunakan alat yang tepat untuk memastikan Anda membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia.

6. Be visible: Bagaimana bisnis Anda bisa tumbuh dan berkembang jika tidak terlihat? Dario Meli, co-founder dari sebuah agensi digital Invoke, menceritakan bahwa Invoke sengaja mendirikan kantor cabang di New York agar bisa lebih terlihat oleh perusahaan-perusahaan yang membeli produk dari Invoke. Dengan terlihat, perusahaan akan lebih terjangkau dan lebih mudah untuk dicapai. Tidak hanya sampai membuka perusahaan, Invoke juga berusaha tampil lebih terbuka dengan membentuk tim PR untuk perkembangan Invoke.

Sumber : www.andriewongso.com

Artikel keren lainnya:

2 Tanggapan untuk "6 Tips Membangun Bisnis StartUp Hingga Sukses"

  1. yang paling susah itu bekerja untuk orang yang tepat mungkin ya apalagi start up baru

    ReplyDelete