Oleh Tim AndrieWongso
Memulai sebuah bisnis, pastinya banyak tantangan yang siap
menyambut Anda. Jika kurang bijak dalam mengambil langkah, bisa jadi
bisnis startup tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu sebelum memulai
Anda harus pastikan langkah apa yang harus diambil agar bisnis bisa
bertahan dan berkembang.
Ada begitu banyak entrepreneur yang suksesnya berawal dari bisnis
startup. Apa rahasia kesuksesan mereka? Berikut ini adalah beberapa tips
dari entrepreneur yang berhasil membangun dan mengembangkan bisnis
startup mereka hingga sukses.
1. Tentukan Visi: Hal pertama yang harus diperhatikan
bagi sebuah bisnis startup adalah visi yang kuat, agar perusahaan dapat
tumbuh dan berkembang, dan secara otomatis memacu motivasi dan kinerja
perusahaan. Ketika Anda memulai usaha jangan takut untuk memiliki visi
yang besar. Hal ini secara otomatis akan memacu semangat dan kinerja
dari perusahaan Anda.
Steve Ells CEO dari Chipotle (jaringan restoran Meksiko di Amerika
Serikat) mengatakan bahwa dia punya visi yang sangat kuat tentang
bagaimana penampilan dan rasa dari Chipotle. Dia terinspirasi dengan
model ekonomis Chipotle saat sedang makan di sebuah taqueria kecil.
Steve Ells menggunakan apa yang dipelajarinya di sekolah kuliner sambil
bekerja di restorannya untuk “benar-benar meningkatkan fast food”.
2. Bekerja dengan Orang yang Tepat: Perasaan dan
insting yang didapat saat mengenal dan menilai lawan bicara merupakan
hal yang paling penting dalam memilih partner kerja. Kecocokan dan
kesamaan tujuan merupakan salah satu hal penting yang dipertimbangkan,
sehingga sebuah perusahaan bisa berkembang secara cepat.
Alm. Steve Jobs dari Apple pernah menceritakan bahwa dalam merekrut
orang untuk bekerja dengannya, baik usia tua maupun muda, dan pastinya
mereka adalah orang-orang yang sangat cerdas. Akan tetapi yang paling
penting untuk Steve adalah, apa mereka akan jatuh cinta dengan produk
Apple? Karena jika mereka jatuh cinta, segala sesuatu akan berjalan
lancar dengan sendirinya. Mereka semua akan menginginkan yang terbaik
untuk Apple bukan untuk diri mereka, atasan mereka, atau orang lainnya.
3. Hindari Kejenuhan Pasar: Setiap produk dan layanan
sendiri memang memiliki batas atau limitasi tertentu dalam masa
kejenuhan pasar. Maka jika hal ini terjadi biasanya perusahaan akan
susah dalam mencari konsumen. Untuk itulah, inovasi dan pembaruan harus
dilakukan selalu rutin dilakukan agar pasar yang disasar tidak cepat
mengalami kejenuhan.
Elon Musk CEO dari Tesla, Solar City & Space X menyarankan, jika
ingin sukses, maka Anda harus bisa menerima kritik atau feedback dari
begitu banyak orang, untuk setiap ide Anda. Banyaknya feedback yang bisa
Anda terima bisa menjadi jalan keluar dari kejenuhan pasar. Anda tidak
harus selalu setuju dengan setiap masukan, tapi beberapa saran bisa
menjadi sebuah keputusan tepat jika Anda mampu mengolahnya.
4. Tingkatkan Daya Pelayanan: Ketika perusahaan Anda
sedang bertumbuh dengan banyak banyak konsumen atau pelanggan tentu akan
menuntut Anda untuk bisa memberikan pelayanan lebih baik. Untuk bisa
melayani pelanggan dengan baik Anda harus mampu menciptakan sistem yang
mumpuni. Salah satu sistem pelayanan yang bisa Anda coba adalah
meningkatkan integrasi teknologi guna membentuk service terbaik buat
pelanggan.
Jerry Murrell CEO dari Five Guys (jaringanrestoran cepat saji khusus
burger dan hotdog di Amerika Serikat) mengatakan bahwa salesman terbaik
bagi usaha Anda adalah para konsumen. Jika Anda memperlakukan dan
melayani konsumen dengan baik, mereka akan membantu Anda menjual produk
melalui mulut ke mulut.
5. Keterampilan dalam penggalangan dana: Sebuah
startup yang sukses adalah mereka yang memiliki modal cukup untuk
menjalankan operasi bisnis mereka. Tugas utama dari pemimpin startup
adalah untuk dapat meningkatkan modal yang dibutuhkan. Cara yang baik
untuk mengumpulkan uang salah satunya melalui online, yakni melalui
ekuitas atau melalui sebuah investasi khusus startup.
Menurut CEO Vincent Mifsud dari ScribbleLive berpendapat dalam
menjalankan bisnis terutama pada awal permulaan, Anda harus fokus dan
ekstra hati-hati dalam mengolah modal dan memilih investasi yang tepat
untuk membantu pemasaran produk dan perkembangan bisnis. Pastikan Anda
memilih cara yang tepat untuk lebih mementingkan isi pesan ketika
memutuskan untuk memasang iklan dan menggunakan alat yang tepat untuk
memastikan Anda membuat keputusan berdasarkan data yang tersedia.
6. Be visible: Bagaimana bisnis Anda bisa tumbuh dan
berkembang jika tidak terlihat? Dario Meli, co-founder dari sebuah
agensi digital Invoke, menceritakan bahwa Invoke sengaja mendirikan
kantor cabang di New York agar bisa lebih terlihat oleh
perusahaan-perusahaan yang membeli produk dari Invoke. Dengan terlihat,
perusahaan akan lebih terjangkau dan lebih mudah untuk dicapai. Tidak
hanya sampai membuka perusahaan, Invoke juga berusaha tampil lebih
terbuka dengan membentuk tim PR untuk perkembangan Invoke.
Sumber :
www.andriewongso.com
Artikel keren lainnya:
yang paling susah itu bekerja untuk orang yang tepat mungkin ya apalagi start up baru
ReplyDeleteyup, semuanya butuh proses
Delete